Penyanyi Rossa mengalami kasus positif Covid-19 pada akhir tahun 2020. Akibat terinfeksi virus tersebut, sang penyanyi yang dikenal lewat lagu “Pudar” ini terpaksa mengeluarkan sejumlah uang yang fantastis untuk pengobatan dan perawatan medis.

Rossa mengungkapkan pengalaman pahitnya saat berdiskusi dengan Ivan di salah satu episode podcast di YouTube. Pada awalnya, ia merasakan gejala sakit dan didiagnosa mengidap tifus, namun hasil tes PCR menunjukkan negatif terjangkit Covid-19. Rossa menyebutkan bahwa saat itu tengah berlangsung acara Indonesian Idol, sehingga ia diwajibkan menjalani tes PCR setiap Sabtu atau Minggu mengingat akan tampil live pada Senin. Kondisi kesehatannya yang awalnya terbilang rumit membuatnya harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

“Faktanya, pada awalnya saya tidak mengetahui. Saya mengira saya sedang mengalami tifus, namun hasil tes PCR menunjukkan negatif terpapar Covid-19,” ungkap Rossa dalam wawancara di kanal YouTube Ivan Gunawan pada Selasa, 22 Juni 2021. Hal ini merupakan pengalaman yang sangat berarti bagi Rossa, yang harus menjalani serangkaian tes PCR sebagai bagian dari persiapan dalam acara Indonesian Idol yang kemudian menyimpulkan bahwa negatif terjangkit virus tersebut.

Rossa (6)

Rossa memutuskan untuk beristirahat karena kondisi fisiknya yang tidak baik. Setelah menjalani istirahat selama 4 hari, Rossa yang seharusnya bekerja di Surabaya mendapati dirinya positif terkena Covid-19 setelah menjalani tes PCR. “Empat hari kemudian saya akan bernyanyi di Surabaya. Saya melakukan tes PCR lagi untuk penerbangan. Saat itu, hasilnya menunjukkan saya positif dengan nilai CT 33,” ucap Rossa.

Dengan adanya hasil positif Covid-19, Rossa terpaksa harus membatalkan semua jadwal manggungnya dan menjalani isolasi mandiri. Karena situasi tersebut, Rossa harus rela merugi sebesar Rp1 miliar. “Saya harus mengembalikan uang muka dari orang-orang,” ungkap mantan istri Yoyo Padi Reborn itu.

Keputusan Rossa untuk melakukan isolasi mandiri menjadi langkah yang tepat untuk menghindari penyebaran virus lebih lanjut. Meskipun harus merelakan kehilangan sejumlah uang yang signifikan, keselamatan dan keamanan diri serta orang lain menjadi prioritas utama bagi penyanyi berbakat ini.

Meskipun harus menghadapi kerugian finansial yang besar, Rossa tetap menjunjung tinggi kepedulian dan tanggung jawab sosialnya. Keputusannya untuk isolasi mandiri demi menjaga keselamatan orang lain menunjukkan bahwa kesehatan dan keselamatan publik merupakan hal yang sangat penting bagi Rossa.