Komedian Abdur Arsyad berbagi momen introspeksi pribadinya yang terjadi saat menjalani ibadah umrah akhir Agustus 2023. Di Tanah Suci, dia mengalami pencerahan tentang kesalahan dan kekurangannya sebagai seorang suami. Dalam sebuah wawancara yang dikutip dari channel YouTube Noice Abdur Vs Mamat, pada Sabtu (10/8/2024), Abdur Arsyad mengungkapkan bahwa dosa pertamanya yang menyadarkan adalah perilakunya yang sering zalim terhadap istrinya, Sindy Asta.

Abdur Arsyad merasa bahwa dirinya masih jauh dari menjadi suami yang ideal bagi sang istri. Terlebih lagi, setelah menyadari bahwa istrinya, yang menikahinya pada tahun 2017, kini hidup tanpa dukungan orangtua dan lingkaran pertemanan yang terbatas. Hal ini membuatnya mempertanyakan, dengan kondisinya yang seperti ini, kemana lagi sang istri bisa berjalan atau berbicara bila bukan bersamanya. Abdur Arsyad juga menyatakan kekhawatirannya bahwa waktunya yang terbatas telah membuatnya kurang memberikan perhatian kepada istrinya.

abdur arsyad

Bagi Abdur Arsyad, minimnya waktu yang dihabiskan bersama sang istri merupakan salah satu bukti dari sikap dzalim yang dia miliki sebagai seorang suami. Dia menekankan bahwa bentuk dzalim yang dimaksud bukanlah sebatas kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Abdur Arsyad menambahkan pemikirannya dengan menyatakan bahwa kekurangan waktu yang diberikan kepada istri merupakan salah satu bentuk dzalim yang harus disadari dan diperbaiki.

Dalam refleksinya, Abdur Arsyad memahami bahwa menjadi suami yang lebih baik memerlukan waktu, perhatian, dan komitmen yang lebih besar. Ia menyadari bahwa keberadaannya punya peran penting dalam kehidupan istri, terutama dalam memberikan waktu, perhatian, dan menjadi pendamping yang lebih baik dalam setiap langkah yang diambil oleh sang istri. Dengan menyadari kesalahannya, Abdur Arsyad berharap dapat memperbaiki diri dan menjadi suami yang lebih baik di masa depan.