Machica Mochtar, seorang penyanyi berusia 54 tahun, mengungkapkan bahwa anaknya, Iqbal Ramadhan, sempat menghubunginya sebelum menghilang setelah mengikuti sebuah demonstrasi. Dalam konferensi pers yang diselenggarakan di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan pada hari Jumat, 23 Agustus 2024, Machica terlihat menitikkan air mata ketika memberikan informasi terkait keberadaan putranya. Ia menceritakan bahwa Iqbal terakhir menghubunginya sekitar pukul 9 malam dan menyampaikan bahwa hidungnya terluka dan telah dibawa ke sebuah rumah sakit.

Dalam keadaan khawatir akan anaknya, Machica mengaku bahwa dirinya tidak dapat menghubungi kembali nomor telepon yang digunakan Iqbal. Ia mengungkapkan keprihatinannya, “Saya tidak tahu di rumah sakit mana dia berada, saya masih belum mengetahui kondisi anak saya. Semalam, dia memberitahu saya bahwa hidungnya patah, tetapi belum menyebutkan rumah sakit tempatnya dirawat. Iqbal memberi informasi melalui nomor telepon orang lain dan mengatakan bahwa dia baik-baik saja.”

Machica juga menceritakan bahwa dia mencoba menghubungi putranya saat demo berlangsung di siang hari, namun panggilannya tidak pernah dijawab oleh Iqbal. Bahkan, Machica mengungkapkan bahwa pada awalnya dia merasa ragu untuk memberikan izin kepada putranya untuk berpartisipasi dalam demonstrasi tersebut.

Saat ini, Machica terus berupaya untuk mencari tahu keberadaan dan kondisi Iqbal. Dalam keadaan yang penuh kekhawatiran dan kebingungan, Machica berharap dapat segera mengetahui lebih lanjut tentang di mana putranya berada dan bagaimana keadaannya. Pada saat yang sama, perasaan cemas dan tak menentu terus menghantui Machica karena informasi yang terbatas yang ia terima sejauh ini.

machica mochtar

“Saya mencoba menelepon siang tadi, tapi panggilan saya tidak diangkat, dan saya tidak pernah membayangkan anak saya akan tertangkap. Saya merasa ragu, bahkan ingin ikut, tetapi dilarang olehnya. Dia mengatakan ‘aku laki-laki’,” ungkapnya.

Saat ini, teman-teman Iqbal bersama dengan anggota LBH sedang berupaya keras untuk menemukan keberadaannya. Meskipun teman-teman Iqbal sudah melakukan pencarian dengan sungguh-sungguh, namun sampai sekarang belum ada kabar terbaru dari Iqbal. Bahkan kepolisian pun belum memberikan informasi terkait hal ini.

Machica Mochtar hingga kini masih belum mendapat kabar mengenai keberadaan putranya, Iqbal Ramadhan, yang turut serta dalam demonstrasi menolak Revisi Undang Undang (RUU) di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, pada Kamis, 22 Agustus 2024.