Selama beberapa tahun terakhir, Luna Maya telah menjadi simbol dari film-film horor. Perannya yang menonjol sebagai Suzanna dalam “Suzzanna: Bernapas dalam Kubur” (2018) dan “Suzzanna: Malam Jumat Kliwon” (2023) telah berhasil mencuri perhatian penonton. Dia juga terlibat dalam film horor lainnya seperti “Panggonan Wingit”, menegaskan reputasinya di genre ini.

Kini, Luna Maya kembali terlibat dalam sebuah proyek film horor baru berjudul ‘Sumala’, di mana ia akan menjadi salah satu bintang utamanya. Dalam trailer yang telah dirilis, Luna Maya akan memerankan karakter Sulastri, seorang perempuan cantik yang mengenakan pakaian adat Jawa, beradu akting dengan Darius Sinathrya yang memerankan karakter Soedjiman.

Film ‘Sumala’ mengisahkan kehidupan Sulastri dan Soedjiman yang terjerumus dalam petaka karena keinginan mereka yang besar untuk memiliki seorang anak. Tanpa sepengetahuan Soedjiman, Sulastri melakukan perjanjian yang kelam dengan iblis demi memenuhi keinginan mereka akan keturunan.

Alur cerita ‘Sumala’ diadaptasi dari kisah nyata yang terjadi di kabupaten Semarang. Judul film ini diambil dari thread viral di platform X, yaitu akun @BangBetz_. Pada Desember 2023, thread tersebut berhasil viral dengan mengangkat kisah masyarakat di Kabupaten Semarang yang melarang anak-anak untuk keluar saat waktu maghrib. Dipercayai bahwa pada tahun 1948-an, sebagian besar masyarakat Jawa meyakini bahwa keluar pada waktu maghrib membawa energi negatif yang berbahaya bagi mereka.

luna maya

Konon, kepercayaan masyarakat menyatakan bahwa jika anak-anak tetap ngotot keluar rumah saat waktu maghrib tiba, maka bahaya yang mengintai mereka dianggap datang dalam bentuk Sumala, sosok yang diyakini sebagai petaka. Dalam cuitan dari akun @BangBetz_, disebutkan bahwa kasus hilangnya anak-anak di desa tersebut hingga saat ini masih menjadi misteri, dengan satu nama yang dicurigai sebagai pelakunya, yaitu SUMALA. Warga kampung bahkan pernah melihat Sumala dengan pemandangan menakutkan ketika memakan ayam hidup langsung dari kandang, menjadikannya dianggap sebagai sosok yang menyeramkan dan misterius.

Trailer yang dirilis memberikan gambaran akan betapa mengerikannya Sumala, dianggap sebagai malapetaka bagi warga desa. Dalam trailer tersebut, terlihat korban anak-anak yang tergeletak bersimbah darah, menambah ketegangan dalam cerita misterius ini.

Sulastri, seorang wanita yang diketahui melahirkan anak kembar setelah bersekutu dengan iblis, memberi makan kepada Kumala dan Sumala. Kumala, anak kembar yang bertahan hidup, tumbuh menjadi anak yang baik hati namun cacat secara fisik dan mental. Akibat keadaannya yang seperti itu, Kumala seringkali mendapat perlakuan buruk dan cibiran dari orang-orang di sekitarnya.

Seiring berjalannya cerita, malapetaka mulai menerpa warga desa, dituduh berasal dari tindakan-tindakan misterius yang dilakukan oleh Kumala. Pertanyaannya, apakah sosok yang penuh keterbatasan mampu menciptakan ketakutan dan kekejaman yang menghebohkan? Ataukah Sumala benar-benar menjadi dalang di balik kejahatan yang terjadi? Kesemua misteri ini akan terkuak dalam film “Sumala” yang rencananya akan tayang di bioskop seluruh Tanah Air pada tanggal 26 September 2024.